Kamis, 06 Oktober 2011

koneksi Vb DENGAN basis data.

Koneksi VB DENGAN Basis Data

 
 
 
 
 
 
i
 
10 Votes
Quantcast
Untuk dapat mengakses suatu database dari visual basic, Anda harus membuat koneksi UNTUK dapat mengakses suatu database yang visual basic Dari, cara membuat koneksi ANDA Harus   ke database tersebut. ke basis data tersebut. Visual basic dapat menangani berbagai database, teks bakan worksheet excel. Visual basic dapat menangani Berbagai database, Teks Bakan worksheet excel. Terdapat beberapa cara yang tersedia untuk itu sesuai dengan database yang digunakan Terdapat beberapa cara Yang Tersedia UNTUK ITU DENGAN Sesuai database yang digunakan Yang
Cara 1. Cara 1. Menggunakan Object ADO Obyek Menggunakan ADO
Anda dapat menggunakan icon Adodc (Microsoft ActiveX Data Objects Data Control) pada toolbox. ANDA dapat menggunakan ikon Adodc (Microsoft ActiveX Data Objects Data Control) PADA toolbox. Jika pada toolbox tidak terdapat icon Adodc, Anda dapat menambahkannya dengan memilih menu Project, Components (Ctrl+T) lalu beri tanda pilih pada Microsoft ADO Data Control (OLEDB) dan klik Apply. Sekarang kita akan mencoba mengaitkan database Ms. Acess yang diberi nama Pembelian.mdb. Jika PADA toolbox terdapat ikon Adodc Tidak, ANDA dapat menambahkannya DENGAN Puyeng menu Project, Components (Ctrl + T) pilih Tanda hari lalu beri PADA Microsoft ADO Data Control (OLEDB) murah klik Terapkan. SEKARANG Kita Akan Mencoba mengaitkan basis data Ms Acess Yang diberi Nama Pembelian.mdb. Untuk itu, lakukan langkah-langkah sebagai berikut: UNTUK ITU, lakukan Langkah-Langkah sebagai berikut:
  1. Pilih menu File lalu New. Pilih menu File Baru hari lalu.
  2. Pilih VB Enterprise (Professional) Edition Controls. Pilih VB Enterprise (Professional) Edition Controls.
  3. Klik OK. Klik OK.
  4. Klik ganda pada folder Forms pada jendela proyek lalu klik ganda pada Form 1 sampai muncul tampilan form. Klik ganda folder PADA Bentuk Jendela Proyek PADA hari lalu klik ganda PADA Formulir 1 sampai Muncul Tampilan bentuk.
  5. Klik icon Adodc pada toolbox. Klik ikon Adodc PADA toolbox.
  6. Klik dan seret pada jendela form, sehingga muncul tampilan seperti Gb. Klik murah seret PADA Jendela bentuk, sehingga Muncul Tampilan seperti Gb. Objek yang tergambar dalam form disebut objek data. Objek Yang tergambar Dalam, bentuk disebut objek data.
  7. Tentukan properti data sebagai berikut: Tentukan properti sebagai berikut Data:
    1. Name db Nama db          Pembelian Pembelian
    2. Caption Data Barang Keterangan Barang data
    3. EO FAcction EO FAcction    2 2
  8. Tentukan properti ConnectionString dengan cara mengklik tombol … pada kolom ConnectionString sehingga muncul tam pilan seperti pada Gb Tentukan properti ConnectionString DENGAN cara mengklik Tombol ... PADA Kolom ConnectionString sehingga tam pilan seperti Muncul PADA Gb
  9. Pilih OptionButton pada Use Connection String lalu klik Build sehingga muncul tampilan seperti pada Gb Pilih OptionButton PADA Gunakan Koneksi String hari lalu klik Build sehingga Muncul Tampilan seperti PADA Gb
  10. Pilih Microsoft Jet 4.0 OLEDB Provider lalu klik Next. Pilih Microsoft Jet 4.0 OLEDB Provider hari lalu klik Berikutnya.
  11. Pilih (dengan mengklik tombol …) atau ketik nama database yang dipakai pada kolom Select or enter a database name. Pilih (DENGAN mengklik Tombol ...) atau ketik Nama database yang dipakai PADA Kolom Yang Pilih atau masukkan nama database.
  12. Klik Test Connection jika perlu, lalu kllk OK dua kali sampai tampilan kembali ke jendela Form. Uji Koneksi klik jika njaluk, kllk hari lalu OK doa kali Sampai Kembali Ke Tampilan Formulir Jendela.
  13. Tentukan properti RecordSource dengan cara mengklik tombol pada kolom RecordSource sehingga muncul tampilan seperti pada Gb Tentukan properti RecordSource DENGAN cara mengklik Tombol PADA Kolom RecordSource sehingga Muncul Tampilan seperti PADA Gb
  14. Pada kolom Command Type pilih 2-adCmdTable. PADA Kolom Command Tipe pilih 2-adCmdTable. Setelah kolom ini diisi, maka Anda akan dapat mengisi kolom Table or Stored Procedure Name. Kolom ini diisi Setelah, Maka ANDA Akan Mengisi Kolom Tabel dapat atau Nama Stored Prosedur. lsilah dengan memilib tabel Barang seperti pada Gb lsilah DENGAN memilib Tabel Barang seperti PADA Gb
  15. Klik OK. Klik OK.
  16. Simpan form dan proyek dengan nama VB-Lat-01 Simpan bentuk murah Proyek DENGAN VB-Lat Nama-01

Cara 2: Mendeklarasikan Objek Ado Cara 2: Mendeklarasikan Objek Ado
Object ado dapat dideklarasi melalui coding. Obyek dapat dideklarasi melalui basa-basi coding. Tiga object bawaan ADO dalam pengembangan aplikasi adalah : Tiga objek bawaan ADO Dalam, pengembangan aplikasi adalah:
1. 1. Obcet Connection Obcet Koneksi
untuk menangani koneksi antara program dengan sumber data atau server. UNTUK menangani koneksi ANTARA Program DENGAN sumber data yang atau server. Deklarasi dapat bersifat lokal maupun global serta dapat diletakan pada level form, modul atau class modul. ADO paling umum membuka suatu koneksi dengan menggunakan obyek Connection Open metoda. Deklarasi dapat bersifat Lokal maupun global yang dapat diletakan PADA Serta tingkat bentuk, modul atau modul kelas. ADO pagar Umum Membuka suatu koneksi DENGAN menggunakan obyek Connection Buka metoda. Sintaks untuk Metoda Open ditunjukkan sbb: Sintaks UNTUK Metoda Buka ditunjukkan sbb:  
Dim connection as New ADODB.Connection Dim koneksi seperti ADODB.Connection Baru
connection. Open ConnectionString , UserID , Password , OpenOptions koneksi. Open ConnectionString, UserID, Password, OpenOptions
Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan teknik pintas, recordset.Open, untuk membuka koneksi yang tersembunyi dan mengeluarkan suatu perintah atas koneksi dalam satu operasi. Sebagai alternatif, ANDA dapat menggunakan teknik Pintas, recordset.Open, UNTUK Membuka koneksi Yang tersembunyi murah mengeluarkan suatu perintah koneksi Atas Dalam, Satu Operasi. Lakukan hal ini dengan mengaktivkan suatu koneksi yang valid seperti argumentasi ActiveConnection ke Metoda Open. Lakukan Hal ini mengaktivkan suatu koneksi DENGAN Yang berlaku seperti argumentasi ActiveConnection ke Metoda Open. Ini adalah sintaksis untuk masing-masing metoda di Visual Basic: Ini adalah sintaksis Masing-Masing UNTUK metoda di Visual Basic:
Dim recordset as ADODB.Recordset Set Dim recordset sebagai ADODB.Recordset Set
recordset = New ADODB.Recordset recordset = New ADODB.Recordset
recordset. Open Source , ActiveConnection , CursorType , LockType , Options recordset. Open Sumber, ActiveConnection, CursorType, LockType, Pilihan
Contoh : Contoh:
Deklarasi object Connection: Deklarasi object Connection:
Dim cn As New ADODB.Connection Dim cn Sebagai ADODB.Connection Baru
atau atau
Public cn As New ADODB.connection Public cn Sebagai ADODB.Connection Baru
Selanjutnya mengalokasikan memori untuk onject connection sbb: Selanjutnya mengalokasikan Memori UNTUK onject koneksi sbb:
Set cn = New ADODB.Connection Set cn = New ADODB.Connection
Kemudian isi property object connoction tersebut sbb: Kemudian isi properti obyek connoction tersebut sbb:
Contoh berikut adalah property untuk MSSQL Server Contoh berikut adalah properti UNTUK MSSQL Server
cn.connectionString = “Perovider=SQLOLEDB;” & _ cn.connectionString = "Perovider = SQLOLEDB;" & _
”Server=NamaServer; ” & _ "Server = NamaServer;" & _
“Initial catalog= inventory” & _ "Katalog persediaan awal =" & _
“user Id = zulidamel” _ "Pengguna Id = zulidamel" _
“Password=terserah” "Password = terserah"
cn.Open cn.Open
atau atau
koneksi = “Perovider=SQLOLEDB;” & _ koneksi = "Perovider = SQLOLEDB;" & _
”Server=NamaServer; ” & _ "Server = NamaServer;" & _  
“Initial catalog= inventory” & _ "Katalog persediaan awal =" & _
“user Id = zulidamel” _ "Pengguna Id = zulidamel" _
“Password=terserah” "Password = terserah"
cn.Open koneksi cn.Open koneksi
Jika tidak ingin menggunak authentik pada proses koneksi gunakan cara berikut: Jika Tidak Ingin menggunak authentik PADA proses koneksi gunakan cara berikut:      
koneksi = “Provider=SQLOLEDB.1;” & _ koneksi = "Provider = SQLOLEDB.1;" & _
“Integrated Security Info=False;” & _ "Integrated Security Info = False;" & _
“Data Source = NamaServer” "Data Source = NamaServer" cn.Open koneksi Bila koneksi sudah tidak diperlukan tutuplah koneksi dengan perintah cn.Open koneksi Bila Sudah Tidak diperlukan koneksi tutuplah koneksi DENGAN perintah
”Set cn = Nothing” "Set cn = Nothing"

2. 2. Object Command Object Command
Digunakan untuk perintah SQL ke sumber data atau server. Digunakan perintah SQL UNTUK ke sumber data yang atau server. Deklarasi object command sbb: Deklarasi objek perintah sbb:
Dim CmdBarang As New ADODB.Command Dim CmdBarang As New ADODB.Command
atau atau
Public Cmd as New ADODB.Command Public Cmd seperti New ADODB.Command
selanjutnya alokasikan memori untuk object Command sbb: Selanjutnya alokasikan Memori UNTUK object Command sbb:
Set CmdBarang = New ADODB.Command Set CmdBarang = Baru ADODB.Command
Kemudian Isi property object command Kemudian Isi properti objek perintah
CmdBarang.ActiveConection = cn CmdBarang.ActiveConection = cn
CmdBarang.CommandText = “select * from barang” CmdBarang.CommandText = "select * from barang"
CmdBarang.CommandType = adCmdText CmdBarang.CommandType = adCmdText

3. 3. Object Recordset Obyek Recordset
Digunakan sebagao penampung hasil eksekusi dalam bentuk tabel. Digunakan sebagao penampung hasil eksekusi Dalam, Bentuk Tabel. Deklarasi object record sbb: Deklarasi objek catatan sbb:
Dim rsBarang As New ADODB.Recordset Dim As New ADODB.Recordset rsBarang
atau atau
Public rsBarang As New ADODB.Recordset Publik rsBarang Sebagai ADODB.Recordset Baru
selanjutnya alokasikan memori ynryk object recordset sbb: Selanjutnya alokasikan Memori ynryk objek recordset sbb:
Set rsBarang = New ADODB.recordset Set rsBarang = New ADODB.Recordset
lalu isikan property object record set hari lalu isikan properti obyek rekor
rsBarang.CusrsorTYpe = adOpenDynamic rsBarang.CusrsorTYpe = adOpenDynamic
rsBarang.LockType = adLockOptimistic rsBarang.LockType = adLockOptimistic
rsbarang.Open cmdBarang rsbarang.Open cmdBarang
atau atau
rsbarang,open CmdBarang,, adOpenDynamic, adlockOptimistic, adCmdtext rsbarang, CmdBarang terbuka,, adOpenDynamic, adlockOptimistic, adCmdText


Data Control Data Kontrol
Visual Basic terus berkembang dalam pengembangan general purpose Windows, tetapi kemampuan database tidaklah bagian murni dari desainnya. Visual Basic Terus berkembang Dalam, tujuan umum pengembangan Windows, tetapi kemampuan database yang murni tidaklah BAGIAN Dari desainnya. Data Control, Kontrol data,   Visual Basic menambahkan, membuat Visual Basic suatu alat yang jauh lebih tangguh untuk pembuatan pemrograman database. Visual Basic menambahkan, cara membuat Visual Basic suatu alat Yang Jauh Lebih tangguh UNTUK Pembuatan Pemrograman database.

Data-control.jpg Data Control memberikan kemudahkan untuk mendapat data ke dalam program anda. Data Control memberikan kemudahkan UNTUK mendapat data yang ke Dalam, Program ANDA. Anda dapat dengan mudah mengaitkan ANDA DENGAN Mudah dapat mengaitkan   suatu file database, lalu mengaitkan suatu file database, mengaitkan hari lalu   data lainnya Data lainnya   untuk memindahkan data dari database ke aplikasi anda dan sebaliknya. UNTUK memindahkan Data Dari Database ke aplikasi ANDA murah sebaliknya. Data Control pada suatu database dan menetapkan tabel mana yang akan diambil, lalu mengaitkan Kontrol data suatu database yang murah PADA menetapkan Tabel mana Yang Akan diambil, mengaitkan hari lalu   ke pengendali Data Control, menetapkan ke pengendali Data Control, menetapkan   field yang akan ditampilkan. Yang Akan ditampilkan lapangan. Pada waktu itu aplikasi anda dapat mengambil, menampilkan, memperbaharui dan membuat database merekam. Waktu ITU PADA ANDA dapat mengambil aplikasi, menampilkan, memperbaharui cara membuat database yang merekam murah. Alir data di dalam skenario ini ditandai pada gambar. Alir Data di Dalam, skenario ini ditandai PADA gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar